Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara mendapatkan berkah Lailatul Qadar bagi perempuan haid?


Cara Perempuan Haid Mendapatkan Keberkahan Malam Lailatul Qadar

Bagi perempuan yang berhalangan tentunya tidak boleh shalat, membaca Alquran dan beritikaf di masjid. Kemudian bagaimana nasib perempuan yang berhalangan pada malam Lailatul Qadar? Apa yang bisa dan harus dilakukan agar mendapatkan keberkahannya?



Lailatul Qadar merupakan malam yang agung atau malam yang mulia. Ada juga yang mengatakan bahwa Lailatul Qadar adalah malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia dan diiturunkannya kitab suci Alquran sebagai penetapan jalan hidup manusia yang harus dilalui.
Mengenai malam ini, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat al-Qadar ayat 1-5 :

اِنَّا اَنْزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا اَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَئِكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ اَمْرٍ. سَلَامٌ هِىَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya aku telah menurunkan Alquran pada malam lailatul qadar, tahukah kamu "apa itu lailatul qadar?", lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun para malaikat dan ruh qudus (malaikat jibril) dengan idzin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadar,97: 1-5)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang mulia. Malam yang memiliki keistimewaan lebih daripada malam-malam lainnya.
Apabila seseorang beribadah kepada Allah pada malam itu, maka Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda padanya.

Allah subhanahu wa ta'ala adalah Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah subhanahu wa ta'ala Maha Mengetahui mana hamba yang taat dan mana hamba yang berbuat maksiat (dosa), mana hamba yang layak diberkahi Lailatul Qadar dan mana yang tidak. 

Bagi perempuan yang tidak berhalangan, Rasulullah shallallahu alaihi wasallammemberi teladan dalam mencari berkah Lailatul Qadar dengan meningkatkan amalan disepuluh malam terakhir Ramadhan.
Rasulullah menganjurkan untuk beritikaf (diam di masjid untuk beribadah), salat sunah dan berdoa (allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu anni yaa Allah).

Beliau juga mengajak kepada segenap keluarganya untuk melakukan hal yang sama. Bahkan, di saat-saat demikian beliau tidak mengumpuli istrinya.

Seorang perempuan yang melewati malam Lailatul Qadar dalam keadaan haid atau nifas, namun dikarenakan catatan amaliahnya baik, sehingga Allah subhanahu wa ta'ala memberikan keberkahan malam itu kepadanya.

Amalan seperti apa yang harus di lakukan oleh perempuan yang sedang haid?

Perempuan haid memang diharamkan melakukan shalat, membaca Alquran dan i'tikaf di masjid. Maka dari itu, Rasulullah menganjurkan untuk melakukan segala bentuk kebaikan lain yang diperbolehkan bagi perempuan berhalangan. Seperti berdzikir, berdo'a, membaca shalawat, beristighfar, bersedekah, dan amalan lainnya yang tidak diharamkan untuk perempuan haid.

Jadi, untuk para perempuan yang berhalangan janganlah khawatir. Selagi kita mampu dan mau melakukan amalan-amalan baik tersebut, Insyaallah akan diperkenankan oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk mendapatkan berkah Lailatul Qadr. Aamiin..

Wallahu a'lam
 

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara mendapatkan berkah Lailatul Qadar bagi perempuan haid?"

Berlangganan via Email